Apakah Sekolah Aluna itu

Sekolah Aluna adalah sekolah inklusi pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berbasis Montessori dengan motto “Sekolah Untuk Semua”. Maksud dari motto tsb yaitu Sekolah Aluna adalah sekolah yang ditujukan untuk semua anak dari berbagai kalangan baik anakanak yang tidak memiliki kebutuhan khusus, anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus dalam hal ini khusus anak-anak dengan gangguan pendengaran serta dari berbagai latar belakang ekonomi keluarga. Semua anak mendapatkan perlakuan dan pembelajaran yang sama.


Motto Sekolah Aluna

SEKOLAH UNTUK SEMUA

"Sekolah yang menyatukan semua anak yaitu anak-anak reguler dan anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus (khususnya anak-anak gangguan pendengaran) dari berbagai latar belakang finansial dan agama."

Visi dan Misi Sekolah Aluna

Visi: Terbentuknya anak yang mandiri, percaya diri, peka terhadap lingkungan, kreatif dan berprestasi maksimal sesuai bakat dan minat masing-masing.

Misi: Memberikan lingkungan yang disiapkan dengan menganut prinsip-prinsip dari metode montessori serta guru-guru yang memiliki semangat mengajar anak-anak serta paham pendidikan usia dini dan metode Montessori.

Apa arti nama ‘Aluna’?

Aluna berarti siswa/murid dalam bahasa Portugis. Kami percaya bahwa setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan kecepatan belajar dan bakat masing-masing anak.

Apa maskot dari Sekolah Aluna

Maskot dari Sekolah Aluna adalah kura-kura. Kura-kura adalah binatang yang berjalan dengan percaya diri dengan kecepatannya sendiri yang khas tapi pasti untuk mencapai tujuannya. Untuk mencapai tujuan yang paling penting adalah mengikuti prosesnya. Kamipun yakin bahwa tidak ada pencapaian yang instan.

Latar belakang Sekolah Aluna didirikan

  1. 1. Sebagai wujud puji syukur pendiri terhadap perkembangan positif Ramzy (anak bungsu pendiri). Ramzy adalah seorang penyandang gangguan pendengaran.

  2. 2. Ramzy telah tumbuh menjadi anak yang mampu berkomunikasi secara verbal seperti anak-anak pada umumnya. Pendiri ingin berbagi pengalaman membesarkan Ramzy kepada orang tua lain yang memiliki anak spesial seperti Ramzy.

  3. 3. Belum ada atau masih sedikit sekolah umum yang mau menerima anak-anak gangguan pendengaran dan paham kebutuhan anak-anak tersebut.

  4. 4. Memberikan awareness/kesadaran akan manfaat dari sekolah inklusi yaitu bahwa menggabungkan anakanak pada umumnya dengan anak-anak berkebutuhan khusus (spesial) tidak hanya memberikan manfaat pada anak-anak spesial tetapi juga banyak manfaat yang diterima oleh anak-anak lain seperti tumbuhnya rasa empati, syukur dan tidak mentertawakan temannya yang berbeda.

  5. 5. Memberikan awareness/kesadaran pada masyarakat pada umumnya dan orang tua anak-anak gangguan pendengaran pada khususnya bahwa ada solusi lain untuk anak-anak gangguan pendengaran selain bahasa isyarat dan membaca gerak bibir (lips reading) yaitu berkomunikasi verbal asal dengan catatan dilakukan sedini mungkin dan kerja keras.

  6. 6. Pentingnya pendidikan usia dini untuk anak-anak karena pendidikan usia dini adalah pondasi yang akan terbawa oleh anak sampai dewasa.

Suasana Kegiatan Di Sekolah Aluna